[newdevjobsindo] Panggilan untuk Bermitra dalam Penyelenggaraan (event organizer) Pesta Raya Flobamoratas 2023 - Lowongan Kerja LSM NGO

Kamis, 24 Agustus 2023

[newdevjobsindo] Panggilan untuk Bermitra dalam Penyelenggaraan (event organizer) Pesta Raya Flobamoratas 2023

Panggilan untuk Bermitra

 

Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial merupakan lembaga Indonesia yang berafiliasi dengan Hivos, didirikan atas hasil kerjasama antara Hivos yang berbasis di Belanda dan beberapa akademisi Indonesia serta pegiat masyarakat sipil yang berpikiran sama yang menganut nilai-nilai dan misi Hivos. Maksud dan tujuan entitas ini adalah untuk mengembangkan program berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dalam bidang sosial, ekonomi, kesehatan dan budaya. Nilai-nilai kemanusiaan tersebut mencakup kemampuan setiap individu untuk menilai dan memutuskan secara merdeka dan bertanggung jawab, hak untuk kemerdekaan, kehormatan, martabat dan semangat untuk menciptakan masyarakat yang berkeadilan dan toleran.

Yayasan saat ini membuka panggilan untuk bermitra sebagai berikut:


Judul    : Panggilan untuk Bermitra dalam Penyelenggaraan (event organizer) Pesta Raya Flobamoratas 2023

Lokasi   : Minimal 10 lokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pre-Event)

                Kota Kupang (Main Event)

Waktu   : Agustus sampai dengan November 2023

 

LATAR BELAKANG

Tentang Program VCA

Sejak tahun 2021, Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Yayasan Hivos) Indonesia membangun aliansi Voices for Just Climate Action (VCA) yang fokus pada pembelajaran bersama, dialog kebijakan, dan amplifikasi suara masyarakat sipil untuk memperluas diskursus aksi iklim solutif di tingkat lokal dan nasional. Harapannya, pembelajaran, dialog, dan cerita dapat terdokumentasi, diadopsi, atau direplikasi di berbagai wilayah di Indonesia. Aliansi ini percaya, masyarakat sipil adalah agen perubahan dan bagian utama dari aksi iklim solutif. Pembangunan yang lebih tahan iklim harus berporos pada kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan potensi lokalnya. VCA di Indonesia adalah bagian dari program yang dilaksanakan di tujuh negara. Untuk lingkup internasional, nasional, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Di VCA NTT sendiri, kerja amplifikasi suara masyarakat sipil dari NTT ke nasional dan sebaliknya dilakukan oleh 18 CSO, yang terbentuk dalam 4 (empat) koalisi yaitu Koalisi Sipil, Koalisi Kopi, Koalisi Adaptasi, Koalisi Pangan Baik,

Tentang Pesta Raya Flobamoratas

Dalam mewujudkan tujuan dari VCA Indonesia khususnya dalam mendekatkan isu kepada masyarakat luas. Sejak tahun 2022 telah diinisiasi program yang berbentuk pesta rakyat, program ini diberi nama Pesta Raya Flobamoratas (PRF). Flobamoratas sendiri adalah akronim dari Flores, Sumba, Timor, Alor, Rote, Lembata, dan Sabu yang merupakan nama Pulau di Nusa Tenggara Timur. Festival ini direncanakan akan diselenggarakan setiap tahun supaya narasi dan kampanye aksi iklim selalu bergaung dari NTT untuk Indonesia bahkan global.

Pesan kunci dalam PRF 2023 adalah "Semangat Flobamoratas tanpa batas dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim".

 

TUJUAN

Tujuan kegiatan PRF di tahun 2023 ini berfokus pada:

1.      Menjadi sarana penyampaian pesan positif mengenai solusi dan aksi iklim berbasis lokal

2.     Menjadi sarana penyampaian cerita praktik baik yang melibatkan dan juga untuk anak muda Nusa Tenggara Timur dan publik Indonesia yang lebih luas.

 

TUGAS DAN KEWAJIBAN

·       Berkoordinasi dengan panitia PRF yang berasal dari Koalisi VCA dan kolaborator komunitas serta mengkoordinasikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, melaporkan seluruh tahapan pelaksanaan PRF

·       Mengatur tata laksana, tata kerja, dan produksi dalam persiapan dan pelaksanaan seluruh rangkaian PRF (Pra, Main, Post)

·       Mengelola materi PRF secara baik dan tepat waktu

·       Melaksanakan koordinasi dan komunikasi dengan semua unsur yang terlibat dalam PRF

·       Merancang, membangun dan mengelola jalur komunikasi  untuk mempromosikan kegiatan PRF melalui media online maupun offline.

·       Menjaring dan memobilisasi pengunjung PRF yang diselenggarakan selama acara.

·       Membantu koalisi membangun jalur komunikasi dan kampanye PRF melalui TV, Radio, media daring (online) maupun luring (offline).

·       Berkontribusi dan berkoordinasi dengan panitia PRF untuk mendapatkan dukungan sponsor (yang sejalan dengan visi dan misi kegiatan) untuk rangkaian PRF

 

KUALIFIKASI

Yayasan Hivos bersama mitra Koalisi VCA mencari mitra untuk menjadi penyelenggara (event organizer) bersama di PRF tahun 2023 dengan kriteria sebagai berikut:

1.        Berbadan hukum formal berbentuk penyelenggara kegiatan/ event organizer

2.       Memiliki portofolio/pengalaman pengelolaan kegiatan dengan skala dan lingkup yang setara. Pengalaman menyelenggarakan acara di Provinsi NTT dan Kota Kupang akan menjadi nilai tambah.

3.       Memiliki keunggulan ide/ konsep/ kreativitas yang dibutuhkan dalam kegiatan

4.       Kemampuan perencanaan teknis, logistik, dan manajemen risiko yang matang

5.       Dapat bekerja secara tim dan berkoordinasi dengan Panitia PRF, mitra koalisi, dan komunitas serta seluruh pihak kolaborator.

6.       Rancangan anggaran serta kesesuaian nilai kegiatan dengan tujuan dan visi misi koalisi VCA

7.       Mampu bekerja taktis dan strategis dengan waktu yang terbatas.

 

Untuk keterangan lebih lanjut terkait ini, silakan merujuk pada kerangka acuan kegiatan pada tautan ini: https://bit.ly/CallforEO-VCA

 

Prosedur Aplikasi

Bagi pemohon yang berminat dapat mengirimkan surat lamaran bersama dengan dokumen-dokumen  sebagai berikut :

1.      Profil EO/Organisasi, dengan minimal menyertakan:

a.      Surat Lamaran

b.     Struktur organisasi termasuk pendiri/pemegang saham dan daftar riwayat hidup tim inti yang akan terlibat;

c.      Visi-misi, tujuan dan nilai organisasi

d.     Portofolio pengelolaan acara-acara khususnya di NTT dan sekitarnya (minimal 3 tahun terakhir) berikut dengan nominal pengelolaannya.

 

2.     Proposal Kegiatan

a.      Proposal kegiatan meliputi rancangan anggaran dan timeline terkait berdasarkan konsep acara yang dilampirkan dalam dokumen ini.

b.     Usulan konsep kemitraan dengan kelompok/lembaga/organisasi/sponsor lain yang tetap sesuai nilai-nilai yang diusung dan tujuan utama kegiatan.

 

Lamaran dan proposal diharapkan dapat kami terima paling lambat pada tanggal 27 Agustus 2023 melalui email di  hr@hsi.foundation dan cc dalia@hsi.foundation

 

Yayasan Hivos menghargai keragaman dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang inklusif.  Kami secara khusus mendorong pelamar dari komunitas yang secara historis dikecualikan dari akses ke pekerjaan termasuk kandidat dengan minoritas gender dan seksual, dari komunitas minoritas etnis dan/atau agama, dan dengan disabilitas.

0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top