[newdevjobsindo] Permintaan Proposal| Konsultan untuk Digital Media Listening/ Mapping - Search for Common Ground (ID) - Lowongan Kerja LSM NGO

Rabu, 02 Agustus 2023

[newdevjobsindo] Permintaan Proposal| Konsultan untuk Digital Media Listening/ Mapping - Search for Common Ground (ID)

Search for Common Ground

Kerangka Acuan

Konsultan untuk Digital Media Listening/ Mapping

 

Search for Common Ground (Search) Indonesia mengundang aplikasi dari konsultan individual/perusahaan/organisasi riset untuk melakukan digital media listening/ mapping dan mempresentasikan temuan tersebut bersama editor media dan kreator konten terpilih dalam diskusi/lokakarya tentang penggunaan media untuk mempromosikan kebebasan beragama atau berkeyakinan (KBB) di Indonesia.

Organisasi

Search for Common Ground (Search) adalah organisasi bina damai internasional yang mempromosikan penyelesaian konflik secara damai. Misi Search adalah mengubah cara individu, organisasi, dan pemerintah menangani konflik – menjauhi pendekatan permusuhan dan menuju solusi kooperatif. Search berupaya membantu pihak yang berkonflik memahami perbedaan mereka dan bertindak berdasarkan kesamaan mereka. Search mengimplementasikan proyek dari 56 kantor di 35 negara, termasuk di Afrika, Asia, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Search telah bekerja di Indonesia sejak tahun 2002 dan menjalankan program transformasi konflik, bina damai, reformasi penjara, jurnalisme sensitif konflik, partisipasi elektoral, dan inisiatif dengan pemuda, media, lembaga pemerintah, pemimpin agama informal, dan kelompok perempuan di seluruh Indonesia.

Latar belakang

Masyarakat Indonesia sangat rentan terhadap provokasi terkait isu agama dan etnis yang terjadi di platform online maupun secara langsung. Kurangnya literasi digital atau kemampuan untuk mengevaluasi konten secara kritis di media sosial mengakibatkan sulitnya mengidentifikasi disinformasi di platform online.[1] Laporan Digital Civility Index (DCI) yang diterbitkan oleh Microsoft pada tahun 2020 menempatkan Indonesia di peringkat ke-29 dari 32 negara yang dianalisis, menunjukkan bahwa pengguna internet Indonesia termasuk yang paling terpapar risiko dalam interaksi online, seperti trolling, perilaku kasar, atau pelecehan.

Penggunaan media sosial untuk menyebarkan narasi negatif dan ujaran kebencian yang ditujukan kepada kelompok agama minoritas juga menonjol terkait pandemi Covid-19. Melalui teori konspirasi dan misinformasi/disinformasi, narasi tersebut menuduh kelompok agama tertentu dan etnis minoritas bertanggung jawab atas terjadinya pandemi di Indonesia. Selain meluasnya prasangka dan ujaran kebencian yang ditujukan kepada agama dan etnis minoritas melalui media online, kelompok agama dan etnis minoritas juga kurang terwakili di media arus utama Indonesia.

Sementara itu, konsentrasi kepemilikan media dan keterlibatan aktif pemilik media dalam ranah politik Indonesia menyebabkan keberpihakan politik media semakin meningkat. Hal ini menyebabkan keterlibatan media dalam persekusi terhadap  agama minoritas atau mendukung narasi intoleran yang dipromosikan oleh kelompok intoleran.

Mempertimbangkan peran penting yang dimainkan media arus utama dan media sosial dalam mempengaruhi persepsi publik tentang agama dan etnis minoritas serta hak-hak mereka, Search akan melakukan digital media listening/mapping untuk menangkap percakapan online tentang KBB dan mengidentifikasi aktor utama yang mempengaruhi percakapan tersebut. Selain redaktur media, hasil digital media listening akan dibagikan kepada kreator konten terpilih sebagai masukan untuk rencana konten mereka. Informasi tersebut akan membantu mereka menyelaraskan konten mereka dengan topik-topik yang sedang menjadi trending tentang isu-isu KBB terkini.

Lingkup Pekerjaan

Lingkup pekerjaan konsultan akan mencakup hal-hal berikut:

       Melakukan digital media listening.

o   Digital media listening dilakukan dua kali selama durasi kontrak.

       Tahap pertama digital media listening dilakukan pada awal September 2023, dan mencakup percakapan          online pada bulan Juli hingga Agustus 2023.

      Tahap kedua digital media listening dilakukan pada awal Oktober 2023, dan mencakup percakapan online       pada bulan September 2023.

o   Informasi akan dikumpulkan dari platform media sosial dan media online arus utama. Daftar platform dan         media online akan diusulkan oleh konsultan dan disetujui oleh Search.

o   Informasi yang dikumpulkan melalui digital media listening akan mencakup:

      Percakapan dan narasi terkait KBB (termasuk sentimen positif/negatif) berdasarkan kata kunci yang            akan didiskusikan dengan Search.

     Daftar aktor utama (akun media sosial, media arus utama) yang memproduksi atau memengaruhi               percakapan terkait KBB di Indonesia.

o   Digital media listening akan mencakup percakapan online di tingkat nasional di Indonesia dan di lokasi                    berikut:    Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta .

o Mempersiapkan presentasi temuan dari digital media listening dalam format yang memungkinkan diskusi berorientasi aksi dengan kreator konten dan editor media. Konsultan akan menyiapkan presentasi untuk setiap fase digital media listening yang dilakukan dan membagikan presentasi tersebut dengan Search untuk mendapatkan persetujuan.

       Menyajikan temuan digital media listening dan mapping.

o   Konsultan akan mempresentasikan temuan dari digital media listening kepada kreator konten dan editor          media pada dua putaran lokakarya yang akan diadakan di Jakarta, Bandung, Solo, dan Yogyakarta.

o   Lokakarya putaran pertama akan diadakan pada bulan September (Jakarta dan Bandung) dan Oktober (Solo       dan Yogyakarta) 2023. Konsultan akan mempresentasikan temuan dari tahap pertama digital media listening,           satu kali per kegiatan lokakarya di setiap kota (total empat presentasi).

o   Lokakarya putaran kedua akan diadakan pada bulan November (Jakarta dan Bandung) dan Desember (Solo          dan Yogyakarta) 2023. Kontraktor akan mempresentasikan temuan dari tahap kedua digital media listening,              satu      kali per kegiatan lokakarya di setiap kota (total empat presentasi).

o   Konsultan juga akan berpartisipasi dalam empat aktivitas mentoring online yang dipimpin oleh mitra             Search, untuk memberikan wawasan tentang narasi KBB yang perlu ditangani oleh kreator konten di bawah program Youth Fellowship Search.

 

 Capaian

Dalam masa kontrak, konsultan diharapkan untuk menyelesaikan lingkup pekerjaan tersebut di atas. Capaian pekerjaan konsultan adalah sebagai berikut:

  1. Laporan awal (inception report) dan rencana kerja selesai dalam 7 hari pertama. Laporan harus memiliki:
    1. Pendekatan/metodologi terperinci untuk melakukan mendengarkan media digital, yang meliputi:

                        i.    alat mendengarkan media digital terutama alat mesin perayap yang akan digunakan                                           untuk mengumpulkan informasi tentang percakapan online dan metode untuk analisis.

                       ii.  kata kunci yang disarankan, platform media sosial dan situs web media arus utama online, serta                     aktor utama (akun media sosial/rumah media tertentu) yang akan dianalisis dalam proses                                  mendengarkan media digital.

    1. Draft format presentasi yang akan digunakan oleh konsultan untuk mempresentasikan hasil temuan digital media listening.
    2. Timeline pekerjaan konsultan.

Salinan inception report diserahkan dalam Bahasa Indonesia, dalam format MS Word.

  1. Presentasi hasil temuan tahap pertama digital media listening dalam Bahasa Indonesia.
  2. Presentasi hasil temuan tahap kedua digital media listening dalam Bahasa Indonesia.
  3. Laporan akhir, yang mencakup:
    1. Temuan kunci dari hasil digital media listening dan mapping tahap pertama dan kedua.
    2. Tantangan, pembelajaran, dan rekomendasi berdasarkan pengalaman konsultan dalam melaksanakan digital media listening tahap pertama dan kedua, serta presentasi dalam delapan lokakarya tatap muka dan empat kegiatan mentoring online di seluruh wilayah sasaran proyek.

Review dan umpan balik dapat berlangsung beberapa putaran tergantung pada kualitas laporan. Tidak ada pembayaran akhir yang akan dilakukan hingga laporan disetujui secara resmi oleh tim Search. Salinan laporan akhir diserahkan oleh konsultan dalam Bahasa Indonesia, dalam format MS Word.

Periode pekerjaan konsultan akan berlangsung antara 21 Agustus 2023 hingga 12 Januari 2024. Konsultan harus bersedia melakukan perjalanan ke wilayah target proyek di Jakarta, Bandung, Solo dan Yogyakarta.

SN

Kegiatan

Tenggat waktu

1

Batas waktu aplikasi

16 Agustus 2023

2

Penandatanganan kontrak

21 Agustus 2023

3

Laporan awal dan persetujuan rencana kerja

28 Agustus 2023

4

Menyetujui presentasi temuan dari fase pertama mendengarkan media digital

15 September 2023

5

Mempresentasikan temuan tahap pertama pada lokakarya di Jakarta, Bandung, Solo, dan Yogyakarta

18 September – 31 Oktober 2023

6

Menyetujui presentasi temuan dari mendengarkan media digital tahap kedua

13 Oktober 2023

7

Mempresentasikan temuan tahap kedua pada lokakarya di Jakarta, Bandung, Solo, dan Yogyakarta

1 November – 15 Desember 2023

8

Menyetujui laporan akhir

5 Januari 2024

Remunerasi

Jadwal pembayaran adalah sebagai berikut:

1.      20% akan dibayarkan setelah inception report dan rencana kerja disetujui.

2.      30% akan dibayarkan setelah persetujuan presentasi hasil temuan digital media listening tahap pertama.

3.      30% akan dibayarkan setelah persetujuan presentasi hasil temuan digital media listening tahap kedua.

4.      20% akan dibayarkan setelah laporan akhir disetujui.

Tidak ada pembayaran yang akan dilakukan kecuali laporan disetujui oleh tim Search Indonesia.

Pengawasan Konsultan

Konsultan akan bekerja di bawah Manajer Program bekerja sama dengan staf program Search Indonesia.

Kualifikasi:

         Pengalaman dalam melakukan mendengarkan dan memetakan media digital.

         Kemampuan yang kuat untuk menulis laporan berkualitas tinggi dalam Bahasa Indonesia.

Proses Aplikasi:

Kandidat yang berminat dapat mengirimkan proposal teknis, proposal keuangan dengan rincian biaya (termasuk perjalanan individu/ tim ke Jakarta, Bandung, Solo, dan Yogyakarta untuk menghadiri lokakarya), dan CV/ portfolio yang menunjukkan pengalaman kandidat dengan digital media listening/ mapping ke phandayani@sfcg.org paling lambat 16 Agustus 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi grespati@sfcg.org.


All Search Employees must adhere to the values: Collaboration- Audacity - Tenacity - Empathy - Results. 
In accordance with these values, Search enforces compliance with the Code of Conduct and related policies on Anti Workplace Harassment, Protection from Exploitation and Abuse, Child Safeguarding, Conflict of Interest, and Anti-fraud. Search is committed to safeguarding the interests, rights, and well-being of children, youth, and vulnerable adults with whom it is in contact and to conducting its programs and operations in a manner that is safe for children, youth, and vulnerable adults.  Search for Common Ground does not and shall not discriminate on the basis of race, color, religion (creed), gender, gender expression, age, national origin (ancestry), disability, marital status, sexual orientation, or military status, in any of its activities or operations. View our values here.









0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top