[newdevjobsindo] Yayasan Plan International Indonesia Job Vacancy: Field Development Officer ( Urban ) - Lowongan Kerja LSM NGO

Minggu, 27 Maret 2022

[newdevjobsindo] Yayasan Plan International Indonesia Job Vacancy: Field Development Officer ( Urban )

Yayasan Plan International Indonesia is presently implementing its country strategic 4 (CS 4) covering fiscal year 2017 to 2022, where the country objective has been defined as "to identify and facilitate the removal of obstacles that prevent children from enjoying their rights and participating fully in Indonesian society". The organisation's purpose is to "strive for a just world that advances children's rights and equality for girls". This goal will be achieved by providing technical support and implementing quality programs and projects through partnership. An effective and efficient communications strategy is a must for Plan Indonesia to share the outcomes of these projects to influence different actors, specially state authorities and to position Plan's profile within and outside at different levels – starting from community, sub district, district to national, regional and international levels.  Yayasan Plan International Indonesia invites highly competent, experienced and committed professionals to fill the following position :

Field Development Officer (Urban)          

BACKGROUND

Yayasan Plan International Indonesia (YPII) adalah organisasi pembangunan dan kemanusiaan yang memajukan hak-hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan telah melaksanakan program di Indonesia sejak tahun 1969 melalui Plan International di masa lalu dan sekarang melalui Plan Indonesia. Saat ini, Plan Indonesia mensponsori lebih dari 36.000 anak terpinggirkan di Nusa Tenggara Timur dan memberi manfaat kepada ribuan lainnya melalui setidaknya 40 pelaksanaan proyek di 10 provinsi.

Seiring Plan Indonesia bergerak maju untuk memperluas area implementasi kami sekaligus memperkuat keterlibatan donor lokal, Plan akan mengeksplorasi potensi program sponsorship berbasis masyarakat di Indonesia. Program Community Sponsorship akan meningkatkan desa marjinal menjadi desa ramah anak sesuai dengan indikator Kabupaten Layak Anak yang juga menjadi salah satu program prioritas pemerintah. Program ini juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperkuat kesadaran dan tanggung jawab sosial di antara komunitas/lembaga yang berbeda.

Untuk memastikan bahwa program tersebut relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasaran (baik masyarakat/lembaga penerima maupun donor) dan program Plan serta prioritas penggalangan dana, pengembangan program Community Sponsorship akan dikembangkan dengan pendekatan partisipatif lintas departemen.

Juga akan ada konsultasi dengan pemangku kepentingan utama eksternal seperti YAP/YCG, pemerintah daerah, dan masyarakat sasaran (baik masyarakat/lembaga penerima manfaat maupun donor).


ROLE PURPOSE
Untuk membantuk pelaksanaan pelaksanaan Program Community Sponsorship di Kota Jakarta Utara dengan pendekatan partisipatif sehingga program tersebut relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasaran (baik masyarakat/lembaga penerima maupun donor) dan program Plan serta prioritas penggalangan dana.


DIMENSIONS OF THE ROLE
Implementasi & Tata kelola
Mendukung pelaksanaan implementasi program dan tata kelola Community Sponsorship program agar sesuai dengan komitmen perubahan tahunan (Impact Commitment) yang telah disusun termasuk didalamnya membantu proses phase-in project di wilayah Jakarta Utara.

Representasi dan Advokasi
Berperan sebagai representasi YPII di wilayah kerjanya dan membantu usaha advokasi untuk memastikan partisipasi stakeholder dalam implementasi program termasuk didalamnya keterlibatan kaum muda, utamanya kaum muda perempuan dan juga memastikan adanya dukungan dari pemerintah lokal.

Administrasi dan Pelaporan
Melaksanakan fungsi administrasi proyek  termasuk didalamnya untuk memastikan proses pelaporan dan monitoring proyek  terlaksana sesuai jadwal. Serta memastikan semua dokumen dan proses keuangan/budgeting sesuai dengan prosedur standar YPII.

Komunikasi dan Publikasi
Memfasilitasi dan bekerjasama dengan Marketing Communication dalam proses produksi cerita perubahan serta materi publikasi lainnya.

Donor Relations
Memastikan kunjungan donor dapat terlaksana, terkoordinasi serta terdokumentasikan dengan baik.

ACCOUNTABILITIES


Implementasi dan Tata Kelola

  • Bersama tim MER/KM mengidentifikasi isu-isu yang berkaitan dengan anak dan kaum muda terutama perempuan di desa dan kecamatan yang menjadi sasaran wilayah intervensi.
  • Mengajukan prioritas kegiatan di desa berdasarkan isu dan komitmen perubahan tahunan yang telah ditetapkan.
  • Melakukan persiapan sosial masyarakat untuk memastikan dukungan dan partisipasi  dari tokoh adat, CBO lokal, dan mitra dalam setiap tahapan kegiatan yang dilakukan di desa.
  • Melakukan pemetaan kondisi anak anak  dan keluarganya berkaitan dengan komitmen perubahan dalam program Community Sponsorship.
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi secara berkala dengan CS Manager terkait hasil pemetaan kondisi anak anak didesa juga kepada  Pemerintah desa dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Melakukan koordinasi dengan proyek YPII lainnya yang diimplementasikan di desa (apabila ada)

 

Representasi dan Advokasi

  • Berperan sebagai perwakilan YPII di desa dan  kecamatan di wilayahnya.
  • Membangun jaringan dengan organisasi berbasis masyarakat (CBO) dan organisasi masyarakat sipil, bersama  melakukan advokasi terhadap pemangku kewajiban tentang Desa layak Anak, sebagai salah satu program pemerintah yang bisa meningkatkan tingkat kesuksesan program Community Sponsorship.
  • Memfasilitasi dan melakukan penguatan organisasi anak dan kaum muda di desa, agar mereka dapat menyuarakan dan mengidentifikasi isu yang menjadi tantatangan mereka, serta mampu berpartisipasi secara bermakna dalam setiap tahapan kegiatan program di Desa.
  • Melakukan advokasi ke Pemerintah Desa dan Kecamatan (UPTD) berkaitan isu-isu yang teridentifikasi untuk memastikan adanya dukungan/kontribusi baik dalam bentuk rencana kerja di Desa maupun anggaran.
  • Memberikan laporan membangun komunikasi transparan kepada pemerintah desa dan  kecamatan  terkait perkembangan program secara berkala.

 

      Administrasi dan Pelaporan

  • Memberikan laporan kuartal secara tepat waktu terkait output/pencapaian kepada CS Manager.
  • Bersama tim MER/KM, memastikan kegiatan monitoring dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan.
  • Memastikan pelaporan keuangan terkait kegiatan-kegiatan program Community Sponsorship di lapangan, dilaporkan dan didokumentasikan sesuai Standard of Operation (SOP) dan standar kepatuhan (compliance) yang berlaku di YPII

 

      Komunikasi dan Publikasi

  • Bersama tim Marketing dan Komunikasi,membuat perencanaan tahunan untuk memproduksi cerita perubahan.
  • Bersama tim Marketing dan Komunikasi melibatkan, memfasilitasi dan melakukan pendampingan terhadap anak muda dan relawan agar dapat berpartisipasi/berkontribusi dalam menyusun  cerita perubahan dan produk donor komunikasi lainnya, dalam bentuk tulisan, foto maupun video.
  • Melakukan review secara berkala terhadap cerita perubahan dan produk komunikasi  yang dibuat agar selalu dapat memenuhi standar yang baik.
  • Memastikan agar cerita perubahan dan semua produk donor komunikasi disampaikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

      Donor Relations

  • Menginformasikan rencana kunjungan donor kepada Pemerintah Desa.
  • Memastikan persiapan kunjungan donor dilakukan dengan baik, termasuk didalamnya melakukan mitigasi resiko yang hasilnya dikomunikasikan kepada semua pihak yang terlibat.
  • Memastikan keamanan donor selama melakukan kunjungan dan memastikan donor telah mengerti dan menandatangani dokumen Safeguarding sebelum melakukan kunjungan.
  • Mendampingi Donor pada saat melakukan kunjungan ke desa.
  • Membuat laporan kunjungan donor.

KEY RELATIONSHIPS

Internal relationship

  • Finance Admin
  • Marketing Communication Specialist
  • Program Officer/PC Project dan PIA
  • MER Team Lead
  • Program Officer/PC Project dan PIA
  • Supporter Relations Manager

External relationship

  • CBO, relawan.
  • Pemerintah Desa dan Kecamatan
  • Pelaku pembangunan yang ada di desa (NGO local, INGO, kader pembangunan
  • Donor dan Calon donor, termasuk donor individual, institusi dan korporasi.

TECHNICAL EXPERTISE, SKILLS AND KNOWLEDGE

  Essential

  • Diutamakan gelar Sarjana atau setara di bidang sosial / pengembangan masyarakat dan bidang terkait lainnya.
  • Memiliki pengalaman dalam pengembangan masyarakat yang berpusat pada anak, hak-hak anak.
  • Berpengalaman bekerja/beraktivitas dengan anak muda
  • Memiliki kepekaan budaya yang tinggi
  • Memiliki keterampilan dalam hal manajemen konflik
  • Memiliki keterampilan fasilitasi: diskusi kelompok dan alat partisipatif lainnya & teknik untuk analisis situasi, perencanaan, monitoring, dan penilaian/ evaluasi
  • Mengetahui dasar - dasar Pengelolaan program:  analisis situasis, perencanaan, monitoring, dan penilaian / evaluasi.
  • Aktif/memiliki jaringan / kemitraan
  • Memahami tentang tata kelola program (anggaran, mekanisme perencanaan pemerintah dll) yang baik.
  • Memiliki keterampilan advokasi dan lobi

PLAN INTERNATIONAL'S VALUES IN PRACTICE

We are open and accountable We create a climate of trust inside and outside the organisation by being open, honest and transparent. We hold ourselves and others to account for the decisions we make and for our impact on others, while doing what we say we will do.

We strive for lasting impact We strive to achieve significant and lasting impact on the lives of children and young people, and to secure equality for girls. We challenge ourselves to be bold, courageous, responsive, focused and innovative.

We work well together We succeed by working effectively with others, inside and outside the organisation, including our sponsors and donors. We actively support our colleagues, helping them to achieve their goals. We come together to create and implement solutions in our teams, across Plan International, with children, girls, young people, communities and our partners.

We are inclusive and empowering We respect all people, appreciate differences and challenge inequality in our programmes and our workplace. We support children, girls and young people to increase their confidence and to change their own lives. We empower our staff to give their best and develop their potential.

 
PHYSICAL ENVIRONMENT
  • Typical office environment in project office, with frequent travel to project locations.
  • Possible to working remotely based on the COVID situation.

LEVEL OF CONTACT WITH CHILDREN
  • High contact:/interaction with children and young people


All applications will be treated in confidence. Only short-listed candidates will be notified and invited for interviews. Please submit your letter of application and detailed curriculum vitae in English by click  https://tinyurl.com/FDOJAKUT2022 now not later than  March 31, 2022

Early application is encouraged as we will review applications throughout the advertising period and reserve the right to close the advert early.

A range of pre-employment checks will be undertaken in conformity with Plan International's Safeguarding Children and Young People policy.

As an international child centred community development organisation, Yayasan Plan International Indonesia  is fully committed to promoting the realisation of children's rights including their right to protection from violence and abuse. That means we have particular responsibilities to children that we come into contact with.

Yayasan Plan International Indonesia  believes that in a world where children face so many threats of harm, it is our duty to ensure that we, as an organisation, do everything we can to keep children safe. We must not contribute in any way to harming or placing children at risk. Equality, diversity and inclusion is at the very heart of everything that Plan International stands for. Our organisation is based on a culture of inclusivity and we strive to create a workplace environment that ensures every team, in every office, in every country, is rich in diverse people, thoughts, and ideas.

We will provide equality of opportunity and will not tolerate discrimination on any grounds. We foster an organisational culture that embraces and exemplifies our commitment to gender equality, girls' rights and inclusion while supporting staff to adopt good practice, positive attitudes and principles of gender equality and inclusion.




0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top