Konservasi Indonesia is a national foundation established to support sustainable development in the country. We are the main partner of Conservation International in Indonesia. For more information, please visit: www.konservasi-id.org
We envision a healthy and prosperous Indonesia where biodiversity is valued and preserved. With offices and project sites across Indonesia, we promote a sustainable landscape-seascape approach and establish partnerships with multiple stakeholders across sectors and jurisdictions to deliver lasting impacts for people and nature in Indonesia.
As we are constantly expanding, we are currently looking Consultant to fill the following Terms below:
CONSULTANT (Individu)
Konsultan Spatial Plan Pariwisata Berkelanjutan Raja Ampat
(Code: GFCR_tourism spatial)
Title: Konsultan Spatial Plan Pariwisata Berkelanjutan Raja Ampat
Date Issued: 5 September 2022
1. Background
Raja Ampat sekarang sangat terkenal di dunia dive tourism dan ada cukup banyak resort, homestay dan liveaboard yang muncul untuk menundang wisatawan manca negara dan domestik ke Raja Ampat untuk dive, snorkel atau pariwisata alam yang lain (termasuk menonton burung). Di tahun 2019, lebih dari 30.000 wisatawan kunjung ke Raja Ampat. Walaupun wisatwan menerun pada masa pandemie, pariwisata sudah mulai Kembali ke Raja Ampat. Untuk memastikan pariwisata masih lanjut secara berkelanjutan, Konservasi Indonesia akan mendukung pemerintah Kabupaten membuat safeguards dan pemanduan tentang bagaimana memastikan pariwisata berkembang di lokasi yang tepat dari sisi social dan lingkungan.
2. Project Overview
Konservasi Indonesia (KI) adalah salah satu agen penyelenggara program inovatif untuk mendukung terumbu karang yang sehat dan tutupan tetap sama atau meningkat di Indonesia. Salah satu proyek dalam portofolio program ini adalah untuk mendukung pariwisata berkelanjutan di Bentang Laut Kepala Burung, khususnya di Raja Ampat. Melalui program ini, KI akan bekerja sama dengan mitra dan pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa pariwisata Raja Ampat tetap menjadi investasi positif bagi terumbu karang Raja Ampat serta masyarakat setempat.
Konsultan Spatial Plan Pariwisata Berkelanjutan Raja Ampat akan bekerja sama dengan Konservasi Indonesia dan stakeholders di Raja Ampat untuk mendukung pengembangan bagian penting dari undang-undang pariwisata. Konsultan akan membuat perencanaan ruang untuk Raja Ampat bersama pemerintah yang memungkinkan pariwisata yang bertanggung jawab di seluruh kabupaten. Konsultan ini akan melakukan kajian ruang atau area penting didalam kawasan Konservasi untuk memberikan arahan dan panduan pemanfaatan ruang dalam melakukan investasi pariwisata yang memastikan kelestarian atau keberlanjutan sumberdaya alam dan manfaat bagi masyarakat local. Konsultan akan bekerjasama dengan berbagai mitra baik di kabupaten, provinsi maupun nasional, Ia akan memastikan bahwa hasil kajian spatial plan di konsultasikan dengan para mitra dan disepakati Bersama. Dokumen spatial plan ini akan diserahkan kepada pemda Raja Ampat untuk dapat digunakan dalam kebijakan perencanaan investasi pariwisata. Ia akan melapor kepada Manajer Pariwisata dan Peningkatan Kapasitas.
Konsultan akan bertanggung jawab untuk membuat tourism spatial plan dan semua aspek teknis. Konsultan akan dibantu oleh staf KI yang bisa memfasilitasi pertemuan dengan stakeholders.
Goals atau Tujuan untuk pekerjaan Konsultan ini adalah:
· Menyusun perencanaan kajian spatial plan pariwisata berkelanjutan di Raja Ampat dari sisi konservasi dan model pariwisata yang paling ramah lingkungan.
· Melakukan kajian terhadap semua dokumen dan regulasi kebijakan keruangan Raja Ampat dan provinsi serta nasional yang terkait.
· Membuat tata ruang pariwisata di Raja Ampat dengan peta dan tulisan untuk mengvisualisasikan daerah di mana yang cocok untuk pariwisata seperti apa.
· Melakukan paling sedikit dua kali focus group discussions (FDG) dengan stakeholders dengan topik diskusi kajian dan draf/rancangan spatial plan yang disepakati bersama dan diserahkan kepada Bupati Raja Ampat dan pengelola kawasan konservasi.
· Komunikasi secara regular dengan staf KI dan counterpart
3. Terms of Reference, Deliverables and Deliverables Schedule
Waktu
1 Nov 2022 - 31 July 23.
Lokasi /Perjalanan
Indonesia dengan expektasi konsultan akan ada waktu cukup di Raja Ampat untuk bertemu tim KI dan stakeholders untuk beberapa FGD dan komunikasi informal.
Deliverables
# | Deliverable | Acceptance Criteria | Due Date | Value |
1 | Pengajuan Workplan Rencana kerja terperinci yang diserahkan kepada KI yang menguraikan jadwal produksi dan hasil termasuk daftar sumber pengumpulan data dan setiap orang yang diwawancarai yang diperlukan selama proyek berlangsung.
Submission of Workplan Detailed workplan submitted to KI outlining the production and deliverable schedule including a list of sources of data collection and any interviewees needed for the duration of the project.
| Dokumen rencana kerja termasuk garis waktu yang diantisipasi yang dikirimkan ke Rekanan dalam format yang dapat diedit (misalnya, MS word atau MS Excel sesuai preferensi konsultan).
Workplan document including anticipated timeline submitted to Counterparts in an editable format (e.g., MS word or MS Excel as per consultant's preference). | 10 Nov 2022 | 5 % |
2 | Temuan Awal Draf laporan pertama yang merinci temuan dan pertimbangan pengembangan rencana tata ruang pariwisata Raja Ampat. Initial Findings Report A first draft report that details the findings and considerations for developing the tourism spatial plan for Raja Ampat. | Laporan akan dibagikan sebagai dokumen word dan disajikan kepada Konservasi Indonesia dan mitra pilihan mereka dalam format powerpoint. Laporan akan mencakup tinjauan semua sumber yang dikonsultasikan dan temuan serta langkah-langkah yang jelas tentang bagaimana mengembangkan rencana tata ruang pariwisata Raja Ampat dengan kesempatan untuk umpan balik dari KI dan mitra. Report will be shared as a word document and presented to Konservasi Indonesia and their selected partners in a powerpoint format. Report will include a review of all sources consulted and findings as well as clear steps for how to develop the tourism spatial plan for Raja Ampat with an opportunity for feedback from KI and partners. | 15 Des 2022 | 15 % |
3 | Draf pertama rencana tata ruang Menyusun draf pertama rencana tata ruang pariwisata Raja Ampat sebagai file peta (diutamakan menggunakan ArcGIS) dan draf pertama deskripsi rencana tata ruang. First draft of spatial plan Develop a first draft of the spatial plan for Raja Ampat tourism as a map file (preferably using ArcGIS) and first draft spatial plan description. | Laporan termasuk peta (idealnya menggunakan ArcGIS) dan penjelasan tertulis sebagai dokumen kata yang dibagikan dengan KI melalui email dan disajikan kepada KI dan stakeholders kunci untuk diskusi dan umpan balik. Report including the map (ideally using ArcGIS) and written explanation as a word document shared with KI via email and presented to KI and select stakeholders for discussion and feedback. | 15 Feb 2023 | 15 % |
4 | Focus Group Discussion Menyelenggarakan FGD untuk meninjau rencana tata ruang pariwisata awal dengan Konservasi Indonesia dan para stakeholders kunci (berpartisipasi untuk menentukan dalam kolaborasi dengan KI) jadi diskusikan dan cari umpan balik tentang draf pertama rencana tata ruang pariwisata. Focus Group Discussion Host a FGD to review the initial tourism spatial plan with Konservasi Indonesia and stakeholders (participate to determined in collaboration with KI) so discuss and seek feedback on first draft of the tourism spatial plan. | Laporan kegiatan termasuk peserta (termasuk jenis kelamin dan afiliasi), agenda dan ringkasan FGD dan hasil yang diberikan kepada KI dalam dokumen MS word dan PDF. Activity report including the participants (including gender and affiliation), agenda and summary of the FGD and outcomes provided to KI in an MS word and PDF document. | 15 March 2023
| 15 % |
5 | Draf kedua rencana tata ruang Merevisi draf pertama rencana tata ruang pariwisata Raja Ampat sebagai file peta (diutamakan menggunakan ArcGIS) dan deskripsi rencana tata ruang, membangun umpan balik dari FGD dan diskusi dengan KI dan stakeholders kunci. Second draft of spatial plan Revise the first draft of the spatial plan for Raja Ampat tourism as a map file (preferably using ArcGIS) and spatial plan description, building on feedback from FGD and discussions with KI and stakeholders. | Laporan termasuk peta (idealnya menggunakan ArcGIS) dan penjelasan tertulis sebagai dokumen kata yang dibagikan dengan KI melalui email dan disajikan kepada KI dan stakeholders kunci untuk diskusi dan umpan balik. Report including the map (ideally using ArcGIS) and written explanation as a word document shared with KI via email and presented to KI and select stakeholders for discussion and feedback. | 15 April 2023
| 15 % |
6 | Focus Group Discussion Menyelenggarakan FGD untuk meninjau rencana tata ruang pariwisata awal dengan Konservasi Indonesia dan para stakeholders kunci (berpartisipasi untuk menentukan dalam kolaborasi dengan KI) jadi diskusikan dan cari umpan balik tentang draf pertama rencana tata ruang pariwisata. Focus Group Discussion Host a FGD to review the initial tourism spatial plan with Konservasi Indonesia and stakeholders (participate to determined in collaboration with KI) so discuss and seek feedback on first draft of the tourism spatial plan. | Laporan kegiatan termasuk peserta (termasuk jenis kelamin dan afiliasi), agenda dan ringkasan FGD dan hasil yang diberikan kepada KI dalam dokumen MS word dan PDF
Activity report including the participants (including gender and affiliation), agenda and summary of the FGD and outcomes provided to KI in an MS word and PDF document. | 30 Mei 2023 | 15 % |
7 | Draft ke tiga (draft hampir final) rencana tata ruang Draf hampir akhir rencana tata ruang pariwisata Raja Ampat sebagai file peta (diutamakan menggunakan ArcGIS) dan deskripsi rencana tata ruang, membangun umpan balik dari FGD dan diskusi dengan KI dan stakeholders kunci. Final draft of spatial plan Final draft of the spatial plan for Raja Ampat tourism as a map file (preferably using ArcGIS) and spatial plan description, building on feedback from FGD and discussions with KI and stakeholders. | Laporan akhir yang dekat termasuk peta (idealnya menggunakan ArcGIS) dan penjelasan tertulis sebagai dokumen yang dibagikan dengan KI melalui email ke KI dan stakeholders kunci untuk pengeditan akhir.
Near final report including the map (ideally using ArcGIS) and written explanation as a word document shared with KI via email to KI and select stakeholders for final edits. | 10 Juli 2023 | 15 % |
8 | Draf akhir rencana tata ruang Draf akhir rencana tata ruang pariwisata Raja Ampat sebagai file peta (diutamakan menggunakan ArcGIS) dan deskripsi rencana tata ruang, membangun dan diskusi dengan KI dan stakeholders kunci. Final draft of spatial plan Final draft of the spatial plan for Raja Ampat tourism as a map file (preferably using ArcGIS) and spatial plan description, building on feedback and discussions with KI and stakeholders. | Laporan akhir termasuk peta (idealnya menggunakan ArcGIS) dan penjelasan tertulis sebagai dokumen kata yang dibagikan dengan KI melalui email dan disajikan kepada KI dan stakeholders kunci.
Final report including the map (ideally using ArcGIS) and written explanation as a word document shared with KI via email and presented to KI and select stakeholders. | 30 July 2023
| 20 % |
4. Submission Details
a. Proposal harus diterima paling lambat tanggal 22 Oct 2022. Proposals harus dikirim melalui email kepada grantcontractID@konservasi-id.org sebelum atau di tanggal 22 Oct 2022 dengan subject: "GFCR_tourism spatial". Hanya proposal yang masuk shortlist akan diundang wawancara.
b. Validity of bid. 120 hari dari submisi
c. Amendments. Sebelum tanggal 22 Oct 2022, KI boleh, untuk alasan apa saja, berubah RFP pakai amendment yang akan di pasang di KI website dan/atau akan dikomunikasikan lewat email.
5. Persyaratan Minimum
· Pengalaman kerja terkait hingga 5 tahun, lebih disukai di bidang spatial plan di kawasan Konservasi dan terkait pariwisata.
· Berorientasi rinci dan mampu memprioritaskan, mengelola dan menyelesaikan tugas dan memenuhi tenggat waktu.
· Pengalaman bekerja dengan konservasi laut dan kompetensi yang terbukti dari prinsip-prinsip konservasi dasar
· Pemahaman tentang kebijakan dan struktur pemerintahan Indonesia
· Memiliki kemampuan yang baik bekerjasama dengan multi stakeholders dan dapat berkomunikasi dengan baik di berbagai level baik kabupaten, provinsi dan nasional.
· Memiliki kemampuan bekerja secara efektif dengan tim.
· Pengalaman bekerja dengan sektor swasta, khususnya sektor pariwisata
· Pengalaman bekerja dengan pemerintah di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.
· Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang industry pariwisata berkelanjutan.
· Pengalaman bekerja di Papua Barat dan menunjukkan pemahaman dan rasa hormat terhadap budaya dan praktik Papua Barat
6. Persyaratan Pengajuan / Submission Requirements
a. Proposal harus dikirim dalam Bahasa Indonesia
b. Proposal harus diterima sebelum 22 October 2022 jam 17.00 WIB melalui email kepada (grantcontractID@konservasi-id.org). Proposal harus mengikuti arahan pada RFP ini.
c. Validity of bid. 120 hari dari batas waktu
d. Klarifikasi. Pertanyaan bisa dikirim ke (grantcontractID@konservasi-id.org) dan will akan membalas secara tertulis. Jawaban kepada pertanyaan yang akan membantu semua calon akan di taru di website KI dan/atau kirim lewat email.
e. Amendments. Sebelum tanggal 22 October 2022 , KI boleh, untuk alasan apa saja, berubah RFP pakai amendment yang akan di pasang di KI website dan/atau akan dikomunikasikan lewat email.
7. Proposal Dokumen untuk memasukkan
a. Halaman sampul ditandatangani dengan Informasi kontak
b. Tanda tangani Representation of Transparency, Integrity, Environmental and Social Responsibility (Attachment 1)
c. Profil dan status perusahaan
d. Proposal teknis
i. Kemampuan, Pengalaman, Kinerja Masa Lalu, dan 3 referensi klien. Harap sertakan deskripsi proyek atau tugas serupa dan setidaknya tiga referensi klien.
ii. Kualifikasi Personil Kunci. Harap lampirkan CV yang menunjukkan bagaimana tim yang diusulkan memenuhi persyaratan minimum yang tercantum dalam bagian 5 (Persyaratan Minimum).
iii. Pendekatan Teknis, Metodologi dan Rencana Kerja Tingkat Tinggi. Proposal Teknis harus menjelaskan secara rinci bagaimana penawar bermaksud untuk melaksanakan persyaratan yang dijelaskan dalam Kerangka Acuan.
e. Proposal keuangan. Tolong memakai cost proposal template (Attachment 3).
8. Kriteria Evaluasi: Untuk mengevaluasi proposal, KI akan mencari calon yang paling kuat secara teknis dengan anggaran yang tepat. Proposal akan dievaluasikan pakai kriteria dibawa:
Kriteria Evaluasi | Score (dari 100) |
Apakah pendekatan dan metodologi yang diusulkan sesuai dengan penugasan dan praktis dalam keadaan proyek yang berlaku? Is the proposed approach and methodology appropriate to the assignment and practical in the prevailing project circumstances? | 30% |
Apakah presentasinya jelas dan apakah urutan kegiatan dan perencanaannya logis, realistis dan menjanjikan implementasi yang efisien untuk proyek? Is the presentation clear and is the sequence of activities and the planning logical, realistic and promise efficient implementation to the project? | 25% |
Apakah kinerja penawar di masa lalu menunjukkan pengalaman yang terbukti baru-baru ini melakukan pekerjaan serupa? Does the bidder's past performance demonstrate recent proven experience doing similar work? | 10% |
Apakah penawar dan personel yang diusulkan memiliki keahlian teknis khusus untuk penugasan tersebut? Does the bidder and the proposed personnel have the specific technical expertise for the assignment? | 15% |
Biaya: Biaya yang diusulkan masuk akal dan realistis, mencerminkan pemahaman yang kuat tentang penugasan. Cost: Costs proposed are reasonable and realistic, reflect a solid understanding of the assignment. | 20% |
9. Proposal Timeline
Iklan dipublikasikan | 30 September 2022 |
Klarifikasi dikirim kepada KI | 12 October 2022 |
Klarifikasi kepada kandidat | 15 October 2022 |
Proposals harus diterima oleh KI | 22 October 2022 |
Wawancara (kalau perlu) | 25 – 26 Oct 2022 |
Seleksi final | 30 Oct 2022 |
10. Resulting Award KI mengantisipasi untuk membuat perjanjian dengan penawar terpilih pada tanggal 22 October 2022. Perjanjian dalam bentuk apapun akan tunduk pada syarat dan ketentuan Perjanjian Layanan KI. Segala bentuk kesepakatan dapat diberikan berdasarkan permintaan.
RFP ini tidak mewajibkan KI untuk melaksanakan kontrak, juga tidak mewajibkan KI untuk membayar biaya apapun yang timbul dalam persiapan atau pengajuan proposal. Selanjutnya, KI berhak untuk menolak setiap dan semua penawaran, jika tindakan tersebut dianggap demi kepentingan terbaik KI. KI akan, atas kebijakannya sendiri, memilih proposal yang menang dan tidak berkewajiban untuk membagikan hasil evaluasi individu.
11. Kerahasiaan Semua informasi hak milik yang diberikan oleh penawar akan diperlakukan sebagai rahasia dan tidak akan dibagikan kepada calon atau pelamar sebenarnya selama proses permohonan. Ini termasuk namun tidak terbatas pada penawaran harga, proposal biaya dan proposal teknis. KI dapat, tetapi tidak berkewajiban, memposting penghargaan pengadaan di situs web publik setelah proses permintaan selesai, dan kontrak telah diberikan. Hasil evaluasi KI bersifat rahasia dan penilaian pelamar tidak akan dibagikan di antara penawar.
12. Kode Etik Semua penawar diharapkan untuk menerapkan standar perilaku tertinggi dalam mempersiapkan, menyerahkan dan jika dipilih, pada akhirnya melaksanakan pekerjaan yang ditentukan sesuai dengan Kode Etik KI. Reputasi KI berasal dari komitmen terhadap nilai-nilai kami: Integritas, Rasa Hormat, Keberanian, Optimisme, Semangat, dan Kerja Sama Tim. Kode Etik KI ("Kode") memberikan panduan kepada karyawan KI, penyedia layanan, ahli, magang, dan sukarelawan dalam menjalankan nilai-nilai inti KI, dan garis besar standar minimum etika yang harus dipatuhi semua pihak. Setiap pelanggaran Kode Etik, serta kekhawatiran tentang integritas proses pengadaan dan dokumen harus dilaporkan kepada KI melalui Email di grantcontractID@konservasi-id.org.
13. Attachments: (link here)
Attachment 1: Representation of Transparency, Integrity, Environmental and Social Responsibility
Attachment 2: Cost Proposal Template
Silakan kirim dokumen yang diperlukan (poin 6 di atas) dalam bentuk PDF ke:
grantcontractID@konservasi-id.org
Menuliskan kolom "subject" dengan format berikut ini:
< GFCR_ tourism spatial > - <Individu /Name>
0 Comments:
Posting Komentar