[newdevjobsindo] Asisten Lapangan, Implementasi Program Sulawesi Utara - Lowongan Kerja LSM NGO

Selasa, 08 Agustus 2023

[newdevjobsindo] Asisten Lapangan, Implementasi Program Sulawesi Utara

Kerangka Acuan Kerja

Asisten Lapangan, Implementasi Program di Sulawesi Utara

 

 

Cohort: TURF-R/Inisiatif Fish Forever

Level: Asisten Lapangan

Melapor kepada: SE Sulawesi Program Implementation Manager

Dept./Divisi/Program: Program

Lokasi: Sulawesi Utara, Indonesia

Terakhir diperbaharui:  Agustus 2023

Travel: Lebih dari 60%

 

 

Ulasan Proyek

Rare adalah lembaga konservasi Internasional yang berkembang pesat dan telah membuat kemajuan dengan mempromosikan praktik penangkapan ikan berkelanjutan yang dilaksanakan di banyak negara, salah satunya Indonesia. Tujuan Rare adalah mengembangkan perikanan skala kecil yang berlokasi di dekat pantai. Sebagian besar sifat perikanan skala kecil di Indonesia adalah lokal dimana nelayan yang merupakan masyarakat pesisir setempat menangkap ikan di perairan dekat pantai dan menjual hasil tangkapan mereka (segar atau olahan) di pasar lokal. Perikanan ini sangat penting bagi ekonomi lokal dan menjadi bagian penting dari tatanan sosial dan budaya nusantara dan penting untuk ketahanan pangan bangsa. Untuk memastikan perikanan pesisir yang berkelanjutan, pengelolaan yang efektif juga harus dilakukan di tingkat lokal. Namun, pelimpahan kewenangan pengelolaan perikanan dari pemerintah pusat ke tingkat kabupaten dan penyerapan kembali ke tingkat provinsi telah meninggalkan celah dalam tata kelola perikanan yang efektif di seluruh masyarakat pesisir.

Sejak 2014, Rare di Indonesia telah memfasilitasi kelompok untuk meningkatkan kapasitas masyarakat untuk mengatasi tantangan penangkapan ikan di perairan pesisir dan mempromosikan praktik penangkapan ikan yang bertanggung jawab. Untuk mengembangkan kelompok dan kapasitas masyarakat ini, kami telah merancang metode berbasiskan Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP) yang memungkinkan masyarakat yang berkelompok untuk mengelola sumber daya pesisirnya melalui pengumpulan data perikanan, pengembangan Kelompok PAAP, penetapan tujuan perikanan, pengembangan rencana pengelolaan, serta proses implementasi PAAP yang di dalamnya terdapat Kawasan Larang Ambil (KLA). Inti dari model PAAP adalah sistem "TURF-R" yang telah terbukti efektif dengan menggabungkan daerah penangkapan ikan (PAAP) dengan KLA yang khusus ditujukan untuk melindungi habitat penting dimana cadangan ikan dapat dipulihkan kembali. Saat populasi ikan pulih di KLA ini, efek limpahan ikan (spillover) dapat meningkatkan tangkapan di daerah PAAP yang lokasinya berdekatan.

Untuk menciptakan gerakan di skala nasional yang mendorong perubahan dalam konservasi laut dan pengelolaan perikanan, Rare Indonesia perlu mengubah pendekatannya. UU No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah mencabut kewenangan pemerintah kabupaten dan mengembalikan kewenangan tersebut kepada pemerintah provinsi. Pergeseran kekuatan ini mendorong Rare untuk bekerja lebih strategis. Oleh karenanya, dibandingkan bekerja secara sporadis di berbagai lokasi di banyak provinsi, Rare memilih berfokus pada beberapa provinsi terpilih dan mengembangkan jaringan kawasan PAAP di provinsi tersebut. Pendekatan inovatif Rare termasuk mengalokasikan lokasi PAAP potensial di bawah rezim pengelolaan wilayah laut yang ada untuk mendukung pengakuan hukum. Pendekatan lainnya adalah mengalihkan strategi pengembangan kapasitas dari fokus perorangan ke kelompok secara kolektif. Hal ini mengharuskan Rare untuk membuat sistem insentif dan model pelatihan yang lebih praktis namun bermanfaat.

Penerapan PAAP berbasiskan provinsi telah dilakukan di Provinsi Sulawesi Tenggara sejak 2019 dan telah mendapatkan dukungan dari masyarakat pesisir yang tersebar di 34 kawasan dengan total 296 desa. Dengan adanya perkembangan positif ini dan juga adanya permintaan dari beberapa Pemerintah Provinsi lain, pada tahun 2023 penerapan PAAP direncanakan akan berekspansi ke Provinsi Sulawesi Utara, Maluku, dan Maluku Utara.

 

Ringkasan Posisi

Posisi ini akan mendukung implementasi program yang tersebar di 13 calon kawasan PAAP di Provinsi Sulawesi Utara yang tersebar di 10 Kabupaten pesisir dan kepulauan. Asisten Lapangan akan melapor kepada SE Sulawesi Program Implementation Manager. Asisten Lapangan akan membantu di lapangan dengan pendekatan kreatif bekerja sama dan mendukung implementasi program di 13 kawasan yang dilakukan oleh mitra implementasi. Asisten Lapangan akan bekerja sama dengan mitra implementasi dalam hal memberikan peningkatan pemahaman masyarakat tentang PAAP, memberikan dukungan penguatan kapasitas kelembagaan kelompok PAAP, serta memberikan dukungan teknis untuk pelaksanaan program PAAP di lapangan.

 

Durasi Pekerjaan

Posisi ini memiliki durasi selama 4 bulan (September 2023 – Januari 2024) dan dapat diperpanjang berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya adalah performa dan kebutuhan serta perkembangan program di lapangan.

 

Fungsi Penting

Posisi Asisten Lapangan akan memiliki peran-peran sebagai berikut:

  • Membantu fasilitasi pertemuan di tingkat masyarakat secara umum dalam mendukung implementasi PAAP di 13 kawasan yang akan dibentuk;
  • Membantu pelaksanaan penyadartahuan perubahan perilaku di tingkat masyarakat;
  • Membantu kegiatan dan fasilitasi pertemuan di tingkat masyarakat khususnya dalam pengumpulan data fisik/sosial terkait penyusunan profil calon Kawasan PAAP;
  • Membantu fasilitasi penyusunan desain PAAP dengan mempertimbangkan masukan dari masyarakat dan data profil calon Kawasan PAAP
  • Membantu fasilitasi pembentukan Kelompok PAAP di calon Kawasan PAAP
  • Membangun dan menjaga hubungan dengan Mitra Implementasi PAAP, pemerintah desa pada calon lokasi-lokasi PAAP, serta komunitas lokal untuk mendukung keberhasilan program PAAP.

 

Persyaratan yang dibutuhkan

        Gelar sarjana dalam bidang perikanan dan kelautan atau sosial/ekonomi

        Minimal 2 tahun pengalaman memberdayakan masyarakat dan/atau menjangkau masyarakat

        Memiliki pengalaman dalam memecahkan masalah secara kreatif dan memiliki kemampuan untuk menerapkan resolusi konflik dan teknik negosiasi untuk mencapai hasil

        Memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum

        Mampu bekerja dalam tim dengan berbagai latar belakang dan budaya, berorientasi pada solusi

        Dapat menggunakan MS Office suite (terutama Microsoft Word, Excel, Powerpoint)

        Mahir berbahasa Indonesia - baik lisan maupun tulisan

        Mahir berbahasa lokal merupakan nilai tambah

        Diutamakan yang berbasis di Manado

        Bersedia melakukan perjalanan ke lokasi PAAP di Provinsi Sulawesi Utara

 

Lingkungan Kerja

Posisi ini sebagian besar beroperasi di lapangan (biasanya di tempat-tempat terpencil yang minim jaringan). Asisten Lapangan harus nyaman dan terbiasa bekerja dengan pegawai pemerintah dan masyarakat lokal pesisir.

 

Kebutuhan Fisik

Posisi ini memiliki tuntutan fisik tertentu khususnya selama kunjungan lapangan. Asisten Lapangan harus dapat bekerja di tempat-tempat terpencil dan dapat bekerja dengan nyaman meski memiliki akses komunikasi yang terbatas, fasilitas kebersihan yang terbatas, serta juga dapat bepergian dengan berbagai moda transportasi (misalnya perahu, sepeda motor).

 

Jenis Posisi dan Jam Kerja yang diharapkan

Ini adalah posisi penuh waktu (full-time position); hari dan jam kerja adalah Senin sampai Jumat pukul 09.00 sampai 17.00. Namun, terkadang ada kalanya jam kerja dapat lebih lama apabila diperlukan. Harap diperhatikan bahwa posisi ini memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam program telecommuting atau jadwal kerja fleksibel Rare.

 

Tugas Lainnya  

Harap dicatat bahwa uraian tugas ini tidak dirancang untuk mencakup atau berisi daftar lengkap kegiatan, tugas atau tanggung jawab yang diperlukan untuk melaksanakan program PAAP. Tugas, tanggung jawab dan kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan intervensi program.

 

Rare adalah pemberi kerja dengan kesempatan kerja yang setara dan berkomitmen pada program proaktif dari tindakan afirmatif dan pengembangan keragaman. Rare akan terus merekrut, mempekerjakan, melatih, dan mempromosikan ke semua tingkatan pekerjaan tanpa memandang ras, agama, jenis kelamin, status perkawinan, status keluarga, asal kebangsaan, usia, cacat mental atau fisik, sumber pendapatan, atau status veteran. Semua keputusan terkait pekerjaan hanya didasarkan pada faktor yang sah dan terkait pekerjaan seperti keterampilan, kemampuan, kinerja masa lalu, kehadiran, dan masa kerja. Diskriminasi dalam bentuk apa pun tidak akan ditoleransi dalam keadaan apa pun.

 

Surat lamaran dan CV harap dikirimkan ke: Ratna Kania, rkania@rare.org paling lambat pada tanggal 23 Agustus 2023.

 

 

 

Ratna Kania | Operations and Talent

Jl. Cikuray No.4 Taman Kencana, Bogor, West Java 16128 Indonesia

M +62 811 1192712 T +62 251 8325418 ext. 101 | F +62 251 8325 266

rare.org | twitter | facebook | newsletter

Rare inspires change so people and nature thrive

Rare receives four stars, Charity Navigator's highest rating

 

 

0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top