[newdevjobsindo] Vacancy Announcement "Marine Conservation Officer" - Lowongan Kerja LSM NGO

Senin, 02 Oktober 2023

[newdevjobsindo] Vacancy Announcement "Marine Conservation Officer"

Wildlife Conservation Society (WCS) memiliki sejarah yang terkemuka dalam bidang eksplorasi dan penyelamatan hidupan liar di beberapa tempat yang paling terpencil dan liar di Bumi. Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS-IP) telah tumbuh signifikan selama beberapa dekade terakhir dan berkontribusi dalam mendukung Pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. WCS-IP terstruktur dibawah lima program tematik inti: Forests, Marine, Wildlife Trade & Policy, One Health, dan Rights & Communities. Kelima program tersebut didukung oleh unit lintas sektoral yaitu Science & Technology, Conservation Network & Partnership, dan Operations.

Di Provinsi Aceh, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Taman Nasional, WCS-IP mendukung UPT KSDAE dan pemerintah daerah dalam meningkatkan tata kelola penggunaan sumber daya perairan di semua lokasi kerja WCS di Indonesia, termasuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pihak lain untuk memperkuat sistem pengelolaan sumber daya alam perairan.

Untuk mencapai tujuan keseluruhan kami dalam menyelamatkan hidupan liar dan habitatnya, WCS-IP saat ini sedang mencari kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi Marine Conservation Officer. Posisi ini akan secara langsung melapor kepada Marine Science Unit Manager dan Marine Conservation Coordinator juga bekerja sama dengan staf WCS-IP lainnya.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  • Membantu Marine Science Unit Manager dan Marine Conservation Coordinator untuk mengimplementasikan pengelolaan Kawasan Konservasi yang efektif, pengelolaan sumber daya alam perairan yang berkelanjutan dan konservasi spesies di semua lokasi proyek WCS-IP (Aceh, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan taman nasional). Fokus utamanya termasuk memperkuat institusi pengelolaan kawasan konservasi, meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi, dan mendukung implementasi mekanisme pembiayaan sumber daya alam perairan yang berkelanjutan (misalnya, penandaan anggaran, dana desa, dana insentif daerah, dan transfer anggaran berbasis ekologi).
  • Membantu berkomunikasi dan membangun relasi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pihak lain untuk memastikan keberhasilan misi dan tujuan WCS-IP, khususnya dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi, sumber daya alam perairan, dan konservasi spesies.
  • Memfasilitasi dan berpartisipasi dalam pertemuan, lokakarya, pelatihan, dan diskusi tingkat provinsi dan nasional mengenai kawasan konservasi, sumber daya alam perairan.
  • Memelihara dan mengelola basis data kerangka pemantauan dan evaluasi (aspek biofisik, sosial-ekonomi, dan sumber daya alam perairan) serta status efektivitas pengelolaan kawasan konservasi untuk mendukung pengelolaan yang adaptif.
  • Berkontribusi dalam analisis data, interpretasi, dan penulisan laporan, termasuk laporan berkala, laporan kegiatan, makalah kerja, dan laporan teknis.
  • Berkontribusi dalam monitoring dan evaluasi rencana kerja tahunan di seluruh wilayah program WCS-IP (Aceh, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Taman Nasional).

PERSYARATAN

Latar belakang pendidikan

  • S1 Ilmu sumber daya alam perairan, Pengelolaan Pesisir, Ilmu Kelautan, dan/atau keilmuan lain yang relevan dengan pengelolaan kawasan konservasi dan pengelolaan sumber daya alam perairan

Pengalaman Kerja
  • Pengalaman minimal 6 bulan dalam melakukan penelitian sumber daya alam perairan atau pengalaman bekerja terkait manajemen pesisir/sumber daya alam perairan di Indonesia 
  • Latar belakang yang kuat dalam ilmu sumber daya alam perairan atau kebijakan sumber daya alam perairan
  • Keterampilan yang tinggi dalam penggunaan metode survei sumber daya alam perairan kualitatif atau kuantitatif
  • Keterampilan dalam memecahkan masalah analitis dan memiliki kemampuan interpretatif yang kuat
  • Kemampuan menulis laporan survei dan laporan penelitian, dan keterampilan presentasi
  • Kemampuan analisis statistik dan database MS Office dan perangkat lunak analisis lainnya (R, SPSS, dll.)
  • Keterampilan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris


Untuk lebih detil mengenai posisi ini, silakan membuka link berikut:





Mohon mengirimkan surat lamaran dan Curriculum Vitae dalam format bahasa indonesia atau bahasa inggris pada email idrecruitment@wcs.org dengan subjek: "Marine Conservation Officer_(nama)" paling lambat 15 Oktober 2023.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi dan menerima pemberitahuan.


0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top