[newdevjobsindo] Vacancy: Senior Policy Advocacy Officer - Lowongan Kerja LSM NGO

Kamis, 05 Oktober 2023

[newdevjobsindo] Vacancy: Senior Policy Advocacy Officer

Pesisir Lestari adalah organisasi non-pemerintah Indonesia yang berdedikasi pada Konservasi Laut di Indonesia. Dengan pendanaan terkini dari beberapa donor, organisasi ini fokus pada pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan Mangrove yang berkelanjutan melalui kehutanan sosial, mengembangkan kotak peralatan untuk mengidentifikasi peluang OECM, dan mengadvokasi rencana Pengelolaan dan Peningkatan Perikanan yang komprehensif untuk Gurita di Indonesia dan khususnya di Sulawesi.


Saat ini kami membuka peluang untuk:

Posisi: Senior Policy Advocacy Officer

Lokasi: Jakarta (Bekerja Jarak Jauh)

Melapor kepada: Program Coordinator

Status: Kontrak Kerja 12 bulan


TUJUAN POSISI

  1. Mengadvokasi dan mempromosikan pengelolaan dan konservasi mangrove yang berkelanjutan di wilayah yang ditentukan, dengan menggunakan pendekatan kehutanan sosial dan mekanisme lain yang akan terkait dengan kementerian terkait (mis., MoEF dan MMAF).

  2.  Mendukung Program Pesisir Lestari dalam mengembangkan dan menyebarkan perangkat  yang komprehensif untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang untuk OECM (Other Effective Area-Based Conservation Measures) di seluruh Indonesia dengan strategi Kebijakan dan Advokasi yang tepat.

  3. Melaksanakan upaya advokasi untuk Perencanaan Pengelolaan Perikanan Gurita yang kuat dan berkelanjutan di tingkat nasional.

  4. Melaksanakan  inisiatif advokasi yang bertujuan mencapai target Program Peningkatan Perikanan Gurita khususnya di Sulawesi.


RUANG  LINGKUP PEKERJAAN

  1. Memimpin analisis, pengembangan, dan inisiatif advokasi kebijakan yang sejalan dengan tujuan organisasi.

  2. Membangun relasi secara berkala dengan lembaga pemerintah, komunitas lokal, pemangku kepentingan, dan mitra untuk mendorong kolaborasi dan dukungan terhadap kebijakan dan program konservasi laut.

  3. Mengembangkan rencana advokasi strategis, makalah, dan materi advokasi sesuai dengan tujuan organisasi.


TANGGUNG JAWAB UTAMA

  1. Melakukan analisis dan penelitian kebijakan komprehensif yang berkaitan dengan konservasi laut dan pesisir serta pengelolaan perikanan.

  2. Mengembangkan dan menerapkan rencana advokasi strategis untuk mempromosikan Pengelolaan dan Peningkatan Mangrove Berkelanjutan, peluang OECM, dan Pengelolaan dan Peningkatan Perikanan Gurita.

  3. Melibatkan dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, termasuk pejabat pemerintah, pemimpin komunitas, mitra, dan donor, untuk memajukan inisiatif advokasi kebijakan.

  4. Mewakili Pesisir Lestari di forum, konferensi, dan pertemuan nasional dalam membahas advokasi kebijakan berkaitan dengan konservasi ekosistem pesisir dan laut. 

  5. Memantau dan melaporkan kemajuan dan dampak inisiatif advokasi kepada manajemen organisasi dan donor.


HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Laporan Bulanan: Menyiapkan laporan bulanan yang komprehensif yang merinci temuan analisis kebijakan, inisiatif advokasi yang diambil, aktivitas keterlibatan pemangku kepentingan, dan kemajuan menuju pencapaian tujuan organisasi.

  2. Nota Kebijakan: Menghasilkan dan menyebarkan nota kebijakan dan materi informatif lainnya untuk menginformasikan dan mempengaruhi pembuat kebijakan, pemangku kepentingan, dan publik.

  3. Kampanye Advokasi: Berkontribusi dalam meluncurkan kampanye bersama tim Komunikasi untuk meningkatkan kesadaran dan mengadvokasi inisiatif konservasi organisasi.


KUALIFIKASI:

  1. Gelar Sarjana atau Magister di Bidang Kebijakan Publik dan Administrasi, Kebijakan Lingkungan, Ilmu Kelautan, Konservasi, atau bidang terkait.

  2. Pengalaman minimal 5 tahun dalam advokasi kebijakan, lebih disukai di bidang konservasi laut dan pengelolaan perikanan.

  3. Keterampilan analitis, komunikasi, dan keterlibatan pemangku kepentingan yang kuat.

  4. Lancar dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan.

  5. Pengalaman terbukti dalam memimpin kampanye dan inisiatif advokasi di sektor konservasi laut.


CARA MELAMAR

Kandidat mengirimkan CV dan surat lamaran yang menjelaskan pengalaman dan ketertarikan mereka pada posisi tersebut ke info@pesisirlestari.org paling lambat tanggal 20 Oktober 2023.


Terima kasih


0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top