[newdevjobsindo] Konsultan Pengembangan Website (KUBIK) - Lowongan Kerja LSM NGO

Selasa, 07 November 2023

[newdevjobsindo] Konsultan Pengembangan Website (KUBIK)

Kerangka Acuan

Konsultan untuk Pengembangan Website Pembelajaran dan Promosi Usaha Pelaku UKM di Kota Medan dan Kab. Manggarai

Proyek Kelompok Usaha dan Bisnis Inklusif (KUBIK)

 

1.    Introduction

Yayasan NLR Indonesia adalah organisasi non-profit nasional anggota aliansi NLR (No Leprosy Remains) yang bekerja untuk mendorong Indonesia bebas dari kusta dan konsekuensinya melalui tiga strategi yaitu nihil penularan, nihil disabilitas, dan nihil ekslusi. Secara praktis, ketiga strategi ini berkontribusi pada upaya penanggulangan kusta nasional dan pembangunan inklusi disabilitas di Indonesia.

 

Pada 2022 Yayasan NLR Indonesia didukung oleh Liliane Foundation menginisiasi Proyek Pengembangan Kelompok Usaha dan Bisnis Inklusif (KUBIK). Proyek ini bertujuan agar orang muda dengan disabilitas dan orang yang pernah mengalami kusta di Kota Medan dan Kabupaten Manggarai dapat mandiri secara ekonomi dan meningkat kualitas hidupnya melalui wirausaha. Salah satu focus intervensinya adalah meningkatkan kapasitas pengusaha disabilitas dalam topik digitalisasi di bidang wirausaha dan memastikan tersedianya platform digital yang aksesibel bagi mereka untuk pemasaran dan pembelajaran. Kesadaran bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi dan era industri 4.0 menjadi dasar mengapa digitalisasi usaha menjadi penting diperkenalkan juga kepada pengusaha disabilitas.

 

Dalam proyek KUBIK, penyediaan platform online yang inklusif menjadi salah satu strategi intervensi. Pengembangan platform akan dilakukan dengan mengembangkan website yang nantinya akan diintegrasikan dengan website yang dimiliki  pemerintah daerah di dua wilayah proyek, Kota Medan dan Kab Manggarai. Hal ini sekaligus menjadi strategi untuk memastikan keberlanjutan proyek dan memastikan bahwa dampak proyek dapat terintegrasi dalam kerja-kerja pemerintah.

 

Sebagai dukungan dalam pelaksanaan tugas tersebut, NLR Indonesia membutuhkan konsultan ahli pengembangan dan pemeliharaan website. Kerja kolaborasi ini akan diawali dengan pelaksanaan identifikasi kebutuhan dari tim pengusaha disabilitas dan pemerintah/ Dinas UMKM sebagai user website nantinya.

 

2.    Objective

Perekrutan konsultan ini dimaksudkan untuk melakukan pekerjaan pengembangan dua website (existing dan pengembangan baru) serta pemeliharaannya.

 

3.    Tasks to be performed (Scope of Work)

Konsultan ahli bertanggung jawab untuk;

  1. Mengembangkan page baru pada website Dinas UMKM Kota Medan sebagai knowledge platform, database, dan etalase produk pelaku UKM local dengan memastikan aksesibilitas yang optimal pada website (baca web accessibility guideline: https://www.w3.org/WAI/standards-guidelines/wcag/)
  2. Mengembangkan website baru untuk Dinas Perindag Kab Manggarai sebagai knowledge platform, database, dan etalase produk pelaku UKM local dengan memastikan aksesibilitas yang optimal pada website
  3. Melatih penggunaan dan pengelolaan website kepada stakeholder kunci yang ditentukan proyek
  4. Memastikan optimasi website (SEO) dan pemeliharaan website (2 tahun)
  5. Menyusun buku panduan pengelolaan website bagi pengelola

 

4.    Required Expertise of the consultants team/specifications

Konsultan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini diharapkan memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

  1. Memiliki pengalaman dalam pengembangan website sekurang-kurangnya 3 tahun dibuktikan dengan melampirkan portofolio website yang pernah dikembangkan
  2. Memiliki keterampilan analitik yang baik untuk menemukan solusi teknis berdasarkan kebutuhan end user
  3. Memiliki pemahaman dan pengalaman yang baik dalam website desain, security & administration, dan search engine optimazion (SEO)
  4. Responsif dan terbuka terhadap masukan

 

5.    Methodology

Perekrutan konsultan ini akan dilakukan dengan cara bidding. Dalam hal ini, NLR Indonesia akan mempublikasi lowongan melalui saluran informasi yang biasa digunakan NLR Indonesia dalam mensosialisasi lowongan. Hanya kandidat terpilih yang akan dipanggil untuk melakukan presentasi proposal (pitching). Pengumuman akhir akan dilakukan selambatnya dua minggu sejak tahap pitching dilakukan.

 

6.      Timeframe

Proses pengembangan website dilakukan selama 3 bulan dari November 2023 sampai Januari 2024 dengan referensi jadwal sebagai berikut;

No

Kegiatan

Nov

Des

Jan

Feb

1

Rekrutmen konsultan (publikasi lowongan, seleksi, kontrak)

X

 

 

 

2

Planning, designing, programming

X

 

 

 

3

MoU dengan Pemda (oleh tim proyek)

X

 

 

 

4

Pembuatan website

X

X

 

 

5

Uji coba

 

X

 

 

6

Review dan revisi

 

X

 

 

7

Finalisasi

 

 

X

 

8

Launching website

 

 

 

X

 

7.      Budget

Anggaran yang disediakan untuk pengembangan website mencakup biaya honor konsultan untuk pembuatan dan pemeliharaan website, logistic serta transportasi saat launching dan training pengelolaan website di lokasi proyek.

 

8.      How to Apply

Aplikan yang tertarik dapat mengirimkan portofolio dan proposal ke recruitment@nlrindonesia.or.id cc kiki@nlrindonesia.or.id paling lambat pada 10 November 2023

 

NLR Indonesia menghargai keragaman dan inklusi dan mendorong semua orang yang memenuhi syarat untuk mendaftar, tanpa memandang agama, usia, ras, jenis kelamin, orientasi seksual atau disabilitas

www.nlrindonesia.or.id

 

0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top