[newdevjobsindo] YGSI Vacancy - PtY Program Finance Assistant - Lowongan Kerja LSM NGO

Kamis, 07 Maret 2024

[newdevjobsindo] YGSI Vacancy - PtY Program Finance Assistant

Program Finance Assistant (PFA) – Power to You(th)

Tahun 2024

 

Latar Belakang

YGSI- Yayasan Gemilang Sehat Indonesia bersama mitra implementasi berupaya meningkatkan kesehatan seksual dan reproduksi serta penerimaan hak-hak seksual, kesetaraan gender, dan pencegahan kekerasan berbasis gender. YGSI menyediakan pengelolaan hibah, jaminan kualitas, dan kontrol kualitas, dan secara teknis mendukung organisasi mitra organisasi untuk melaksanakan program mereka, dengan menggunakan pendekatan transformatif gender, keterlibatan laki-laki, Partisipasi Pemuda yang Bermakna dan Inklusif (MIYP). Pada tahun ini, YGSI mengelola beberapa program yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda terkait Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS), antara lain Power to You(th) (PtY), Right Here Right Now II (RHRN II), dan Generation Gender (Gen-G)


Power to You(th) (PtY) merupakan program lima tahunan yang percaya bahwa perubahan dimulai dari komunitas. Untuk mewujudkan perubahan tersebut, konsorsium PtY berupaya memperkuat organisasi masyarakat sipil untuk memberdayakan dan meningkatkan suara dari remaja perempuan dan perempuan muda (RPPM). Tujuan program ini secara keseluruhan adalah untuk memberikan kontribusi kepada lebih banyak remaja perempuan dan perempuan muda dari komunitas yang kurang terlayani yang secara bermakna dilibatkan dalam pengambilan keputusan mengenai praktik berbahaya, KBGS, dan kehamilan yang tidak diinginkan. Daerah intervensi program PtY berada di 3 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, dan NTB, yang mana dalam implementasi di ketiga lokus tersebut, YGSI bekerja sama dengan mitra lokal, yakni Yayasan Semak, Yayasan Tanoker, Perkumpulan SuaR, dan YGSI Lombok. Sementara pada level nasional, YGSI bermitra dengan 2030 Youth Force Indonesia, yang merupakan organisasi yang dipimpin oleh orang muda untuk mendorong Partisipasi Orang Muda yang Inklusif dan Bermakna (POMIB).

 

Salah satu inisiatif dalam program PtY adalah Small Grant Initiative (SGI). Inisiatif ini bertujuan untuk mencapai kelompok besar remaja perempuan dan wanita muda yang belum terorganisir. Inisiatif hibah kecil ini dilaksanakan untuk menangkap dan mengatasi isu-isu terkait lainnya dengan program, yang akan memperkaya dan memperkuat karya dan kapasitas CMT, serta mempercepat dampaknya.  Kegiatan SGI pertama sudah dilaksanakan pada 2021 dengan memberikan hibah kepada individu, kelompok, organisasi informal dan formal untuk 12 penelitian, 1 survey, 1 pengembangan perangkat serta 5 kegiatan inisiatif berupa kampanye dan media advokasi, yang telah memberikan keluaran yang dapat mendukung program Power to You(th). Sementara pada 2022, SGI memberikan hibah untuk 5 kegiatan inisiatif, 3 penelitian, dan 2 penelitian tesis. Pada tahun ini, SGI akan dilaksanakan lagi, namun terbatas pada maksimal 4 kegiatan inisiatif/penelitian, yang akan dilakukan sebanyak dua fase. Fase pertama dilaksanakan pada semester 1 tahun 2024 untuk 2 penerima hibah, sementara 2 lainnya dilakukan di semester 2.

 

Setiap mitra organisasi dan penerima hibah memiliki peran khusus dan dan juga peran bersama yang menyumbang pada proses terjadinya perubahan baik di tingkat masyarakat, organisasi CSO, lembaga pemerintah, dan kebijakan. Memasuki tahun keempat implementasi program, masih ditemui kesenjangan dan tantangan baik dalam program implementasi maupun kapasitas lembaga dalam melaksanakan perannya serta kemampuan pengelolaan dan pelaporan anggaran.

 

Beberapa tindakan yang diambil YGSI sebagai lead country partners untuk memperkuat kapasitas mitra terutama mendorong kemandirian dalam pengelolaan program dan anggaran, pelaporan program dan keuangan adalah: 1) memberikan dukungan teknis sesuai kebutuhan mitra, 2) pendampingan dalam pengembangan perencanaan program dan keuangan yang mengacu pada target perubahan program tahun 2024, keberlanjutan, pemilihan strategi dan kegiatan yang tepat, jelas, rasional (dapat dilakukan), budget-wise dan dapat dipertanggungjawabkan, 3) Menambahkan sumber daya manusia untuk memberikan pendampingan maksimal dan seimbang sesuai dengan kebutuhan mitra. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka memperkuat kapasitas mitra dan penerima hibah dalam pengelolaan anggaran, maka diperlukan Program Finance Assistant.

 

Tujuan

Melakukan rekrutmen posisi Program Finance Assistant dalam mendampingi mitra dan penerima hibah SGI program Power to You(th) untuk mempercepat tercapainya kompetensi mitra dalam perencanaan, pengelolaan, dan pelaporan keuangan, termasuk kelengkapan dokumen pendukung.

 

Keluaran

Adanya satu Program Finance Assistant yang dapat mendampingi setiap mitra dan penerima hibah SGI dalam berdiskusi dan berkonsultasi dengan harapan mereka dapat menyiapkan laporan keuangan yang akuntabel, tepat waktu, serta sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang berlaku.

 

Tugas Program Finance Assistant

Program Finance Assistant akan bekerja selama 4 hari dalam 1 minggu untuk periode kerja dari  bulan Februari – Desember 2024, dengan tugas sebagai berikut:

1.               Memberikan pendampingan kepada lima mitra PtY dan empat penerima hibah Small Grant Initiative (SGI) Power to You(th), terkait pengelolaan dan penggunaan anggaran program.

2.              Mendampingi mitra dalam menggunakan template finance yang disiapkan.

3.             Mendokumentasikan progress, identifikasi tantangan/keterbatasan, dan kebutuhan penguatan   kapasitas pengelolaan, penggunaan dan pelaporan anggaran Lembaga Mitra

 

Prasyarat Program Finance Assistant

Kriteria Program Finance Assistant yang diperlukan meliputi:

1.               Memiliki latar belakang Pendidikan formal akuntansi dan keuangan (minimal S1).

2.              Memiliki 1 tahun pengalaman dalam mengelola catatan keuangan, membuat draft dan update financial spreadsheets.

3.             Pengetahuan yang luas tentang pembukuan dan prinsip akuntansi, keterampilan mengorganisir yang baik, kemampuan menggunakan software akuntansi .

4.             Memiliki integritas , keterampilan matematis yang baik dan standar privasi data

5.             Pernah minimal 1 tahun bekerja dengan NGO dan atau mendampingi NGO dalam mengurus keuangan program.

6.             Familiar dengan form-form pelaporan donor.

7.              Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

 

Bagaimana Cara Melamar

Kirimkan surat lamaran dan CV ke Yayasan Gemilang Sehat Indonesia: recruitment_ygsi@rutgers.id, dengan subjek email "PtY PFA" Paling lambat tanggal 21 Maret 2024 Jam 17.00 WIB. Penamaan file menggunakan format: Nama_Surat Lamaran/CV

 

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi. 

 

Yayasan Gemilang Sehat Indonesia adalah organisasi yang menegakkan kode etik untuk mencegah penipuan dan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak. Penelusuran catatan pelanggaran akan dilakukan dengan hati-hati.

 

Kami tidak menerima korespondensi komersial melalui saluran yang tercantum untuk tujuan membalas iklan ini. 

 

0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top