[newdevjobsindo] Lowongan: Digital Campaign Specialist Cek Fakta - Lowongan Kerja LSM NGO

Rabu, 29 Mei 2024

[newdevjobsindo] Lowongan: Digital Campaign Specialist Cek Fakta

 

Term of Reference

Digital Campaign Specialist Cek Fakta

 

A. Latar Belakang

 

Bentuk informasi palsu (hoaks) terus berkembang, tidak hanya berupa teks, foto bahkan saat ini beredar dalam bentuk video menggunakan teknologi artifisial intelijen (AI) atau yang dikenal dengan deepfake. Peredaran informasi palsu yang terus berkembang ini berdampak pada ekosistem informasi dan psikologis masyarakat.

 

Di Indonesia, upaya memerangi informasi palsu juga telah dilakukan bersama-sama oleh AMSI, AJI, komunitas pemeriksa fakta Mafindo, dan 100 media dalam dalam kolaborasi Cekfakta.com. Cekfakta.com aktif melakukan pengecekan fakta, dan mendistribusikan ke publik baik melalui media atau kanal Cekfakta.com. Hanya saja pada banyak kasus, tingkat keterbacaan dan sebaran hasil cek fakta tidak setinggi hoaks itu sendiri.

 

Untuk membantu tingkat keterbacaan konten-konten Cek Fakta serta edukasi kepada public tentang pentingnya pengecekan fakta, dibutuhkan strategi yang baik agar pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh Cek Fakta dapat diterima oleh masyarakat luas dan bentuk-bentuk konten yang dibuat tepat sasaran. Maka peran digital campaign specialist sangat dibutuhkan untuk membangun strategi dan mengidentifikasi beragam bentuk materi konten yang disukai oleh oleh generasi yang berbeda.

 

 

B. Tugas dan Tanggungjawab

        Berkoordinasi dengan Program Officer Cek Fakta dan anggota koalisi Cek Fakta untuk mengembangkan rencana strategis kampanye baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

        Memastikan strategi dan perencanaan kampanye yang dikembangkan selaras dengan visi dan misi Cek Fakta.

        Memastikan strategi yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kampanye-kampanye online dan offline Cek Fakta dengan melibatkan anggota koalisi termasuk media online dan stakeholder yang sudah berkomitmen dengan koalisi Cek Fakta.

        Memastikan strategi online kampanye yang dikembangkan selaras dengan kampanye-kampanye offline Cek Fakta.

        Memastikan pesan-pesan Cek Fakta sampai ke masyarakat dengan melakukan analisa melalui data analitik dan riset social media secara berkala.

        Berkoordinasi dengan Program Officer dan tim koalisi Cek Fakta untuk mengembangkan konsep materi kampanye sesuai dengan trend terbaru berdasarkan data analitik, maupun hasil riset trend social media.

        Membuat perencanaan kampanye dan memastikan kampanye berjalan sesuai dengan perencanaan.

        Memantau dan melakukan evaluasi secara berkala terkait dengan performa kampanye Cek Fakta dengan melibatkan anggota koalisi.

        Membangun hubungan yang baik dengan koalisi Cek Fakta, stakeholder dan pihak-pihak lainnya yang sudah diidentifikasi dalam perencanaan strategis

 

 

C. Kualifikasi

        Minimal S1 jurusan komunikasi, jurnalistik, Pengembangan Masyarakat dan Sosial atau yang relevan

        Memiliki pengalaman minimal 5 tahun di bidang komunikasi dan diutamakan yang memiliki pengalaman kampanye untuk NGO

        Memiliki pengalaman dalam mengembangkan strategi komunikasi untuk kampanye dan organisasi

        Memiliki pengalaman dalam mengelola sosial media untuk memberikan dampak kepada publik

        Memiliki pengalaman dalam berkolaborasi dengan berbagai macam program dan lembaga – lembaga lain baik lembaga nasional maupun internasional

        Bersedia untuk melakukan perjalanan dinas dan terlibat aktivitas komunikasi lain dalam AMSI.

 

Bagi yang berminat silakan kirim surat lamaran serta CV ke admin@amsi.or.id. Deadline pendaftaran paling lambat tanggal 6 Juni 2024

0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top