[newdevjobsindo] [Re-Open Vacancy Yayasan WWF Indonesia] Tenaga Ahli Scoping Study Pilot Efisiensi Energi di Provinsi Jambi - Lowongan Kerja LSM NGO

Selasa, 23 Juli 2024

[newdevjobsindo] [Re-Open Vacancy Yayasan WWF Indonesia] Tenaga Ahli Scoping Study Pilot Efisiensi Energi di Provinsi Jambi

Yayasan WWF Indonesia, membuka kesempatan untuk pekerjaan berikut ini:

Tenaga Ahli Independen:
Scoping Study Pilot Efisiensi Energi di Provinsi Jambi


Latar Belakang

Transisi energi menjadi kian krusial dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK). Indonesia dalam Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) telah berkomitmen untuk menurunkan emisi GRK sebesar 31,89% dengan upaya sendiri atau 43,20% dengan dukungan internasional. Pemerintah subnasional mempunyai penting dalam mendukung keinginan pemerintah Indonesia tersebut. Terlebih, dengan terbitnya aturan hukum Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2023 yang memperjelas mandat pemerintah daerah—khususnya tingkatan provinsi—dalam pengelolaan energi.

Sebagai provinsi yang mempunyai keterikatan kuat dalam penggunaan lahan, Jambi mempunyai ruang potensi dalam sektor energi yang belum sepenuhnya terpetakan dan teroptimalkan. Meskipun demikian, Pemerintah Provinsi Jambi sendiri telah mempunyai dokumen terkait transisi energi yang tertuang dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED). Di dalamnya, ditargetkan bahwa bauran energi terbarukan sebesar 24% pada 2050 dan 40% pada 2050. 
Dalam mendukung target dan rencana tersebut, dibutuhkannya langkah-langkah inovatif untuk mengakselerasi transisi energi yang semakin mendesak. Efisiensi energi menyimpan potensi untuk dikembangkan lebih lanjut mengingat secara praktisnya belum menjadi prioritasnya dalam diskursus transisi energi secara keseluruhan. Meskipun demikian, unsur efisiensi energi turut menjadi salah satu poin utama dalam misi pengelolaan energi yang tercantum dalam RUED Provinsi Jambi.
Dengannya, Yayasan WWF Indonesia menginisiasi untuk melakukan pilot efisiensi energi di Jambi. Pilot yang hendak direncanakan dapat menjadi pembelajaran penting tidak hanya bagi Jambi, tetapi harapannya juga dapat diadopsi dan diadvokasikan ke dalam skala yang lebih luas. Dalam memulainya, dibutuhkan suatu studi awal agar kegiatan yang diimplementasikan dapat bersifat saintifik, terukur, dan membawa kebermanfaatan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, scoping study atau studi pelingkupan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan cakupan pilot efisiensi energi yang dapat diimplementasikan di Jambi.

Ruang lingkup
  • Memetakan peluang dan tantangan efisiensi energi di Jambi
  • Mengeksplorasi sektor prioritas dalam implementasi efisiensi energi di Jambi
  • Mengerucutkan potensi pilot efisiensi energi yang dapat diimplementasikan di Jambi
  • Menganalisis kelayakan pilot baik dari segi keekonomian, kebermanfaatan, dan skala yang akan dilaksanakan

Waktu pengerjaan

1 Agustus 2024–30 Agustus 2024


Hasil yang diharapkan

Dokumen scoping study pilot efisiensi energi di Provinsi Jambi


Silakan mengakses tautan berikut ini untuk detail pekerjaan ini https://bit.ly/KAKScopingEE-Jambi



Proposal dan Resume/CV terbaru dapat disampaikan langsung ke alamat email hr-recruitment@wwf.id paling lambat 29 Juli 2024.


0 Comments:

Posting Komentar

iklan banner


Top