KERANGKA ACUAN
Pemagang Media Sosial dan Pengelolaan Materi Media/KIE
- Latar Belakang
NLR Indonesia adalah organisasi nirlaba non-pemerintah yang lebih dari 50 tahun bekerja untuk eliminasi penyakit kusta dan penghapusan stigma akibat kusta bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Secara konkrit NLR memberikan pendampingan teknis kepada tenaga kesehatan dalam kegiatan pencegahan penularan; mengembangkan inovasi berbasis bukti untuk upaya percepatan eliminasi kusta; pengorganisasian masyarakat; peningkatan kapasitas dan peningkatan kesadaran demi terciptanya Indonesia yang terbebas dari kusta.
NLR Indonesia memiliki visi terciptanya kehidupan dunia yang terbebas dari kusta dan segala konsekuensinya dengan melakukan pencegahan, deteksi dan pengobatan kusta serta memberikan dukungan terhadap kesehatan, kemampuan dan partisipasi penuh orang yang mengalami kusta di masyarakat. Salah satu nilai NLR Indonesia adalah komunikatif, yang memandatkan penggunaan berbagai media untuk menyebarluaskan pesan-pesan yang mendukung terwujudnya visi NLR Indonesia. Pengelolaan pesan-pesan dalam media ini perlu dilakukan secara profesional sehingga semakin banyak pihak dapat dijangkau, digerakkan, dan dilibatkan dalam upaya mencapai zero leprosy dan penghapusan stigma dan diskriminasi akibat kusta di Indonesia.
Kebutuhan akan media terutama media sosial yang terkelola dengan baik menjadi sangat krusial untuk dipenuhi, mengingat ada kebutuhan untuk menyebarluaskan isu kusta dan konsekuensinya kepada publik seluas mungkin. Oleh karena itu, NLR Indonesia membutuhkan pemagang yang dapat membantu proses pengelolaan media sosial, pengelolaan dokumen pembelajaran, dan media KIE yang sudah dimiliki NLR Indonesia.
NLR Indonesia telah memiliki tim komunikasi di organisasi namun kami memutuskan untuk memberi kesempatan bagi para pemagang untuk berkontribusi, mendapatkan pengalaman dan mengenal kerja-kerja NLR Indonesia dengan lebih baik dengan harapan minat dan perhatian pemagang pada isu kusta dan konsekuensinya di Indonesia akan bertumbuh pula.
Para pemagang ini akan melakukan tugasnya dalam koordinasi dan supervisi oleh Communication Coordinator.
- Tujuan
Kegiatan pemagangan ini memiliki tujuan:
- Memberikan kesempatan bagi pemagang untuk belajar dan menerapkan keterampilan dan ilmu dalam hal pengelolaan media sosial dan pendokumentasian materi media di NLR Indonesia. Selain itu, pemagang akan mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang isu kusta dan konsekuensinya secara langsung dari NLR Indonesia.
- Melakukan updating dan response di media sosial dan website NLR Indonesia
- Melakukan pengelolaan dokumentasi video, foto, artikel, link liputan media yang telah terkumpul dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.
- Keluaran
Kegiatan ini akan melibatkan pemagang di kantor NLR, yang dibuktikan dengan:
- Perjanjian pemagangan dan uraian tugas untuk pemagang termasuk hak dan kewajiban mereka.
- Presensi yang ditandatangani oleh pemagang
- Terupdatenya media sosial NLR Indonesia
- Peningkatan traffic media sosial NLR Indonesia (IG, FB, You Tube, dan Twitter serta Website)
- Tersedianya bank media (foto, video, artikel, link liputan media)untuk kepentingan “Knowledge Management”
- Rencana Kerja
Waktu : Maret - Agustus 2025 (6 bulan)
Tempat : Kantor NLR Indonesia, Jakarta Selatan
- Peserta
NLR Indonesia memberikan kesempatan kepada calon pemagang dengan syarat sebagai berikut:
- Syarat Peserta
- Mahasiswa tingkat akhir/fresh graduate min. D3 di bidang komunikasi, teknologi informasi, ilmu perpustakaan, dan/atau yang relevan.
- Berusia minimal 20 tahun
- Memiliki semangat belajar yang tinggi
- Perempuan atau orang yang mengalami kusta dan/atau penyandang disabilitas sangat didorong untuk mendaftar.
- Pemagang yang terpilih akan mendapatkan
- Tunjangan transportasi per bulan sebesar Rp2.500.000,-
- Penggantian pulsa komunikasi untuk pemagang yang menangani IG, FB, Twitter, sebesar Rp150.000,- per bulan
- Kesempatan kunjungan ke proyek NLR Indonesia
- Sertifikat Pemagangan
- Disediakan fasilitas untuk bekerja (laptop)
Kegiatan ini membutuhkan keterampilan dasar dan menengah serta minat tinggi dalam hal mengelola dan mengisi konten dari media sosial dan website
Kegiatan pengarsipan juga membutuhkan keterampilan pengarsipan dokumen-dokumen yang mudah diakses.
- Metodologi
Kegiatan pemagangan ini menggunakan metode pendampingan langsung dimana pemagang melakukan tugas-tugas yang diberikan selama periode tersebut. Pendampingan langsung berupa on the job training dan mentoring serta konsultasi. Pemagang diharapkan dapat sekaligus meningkatkan keterampilan mereka selama pemagangan ini, mencakup keterampilan teknis dan keterampilan non-teknis lainnya seperti manajemen, komunikasi, team work, planning dan target setting.
- Tugas Pemagang
- Mengelola media sosial NLR (FB, YT, IG, Twitter dan Website)
- Mengupdate secara berkala media sosial dengan konten singkat yang relevan dengan isu kusta, inklusi, dan isu relevan
- Memperbanyak “follow” pada institusi relevan dan/atau influencer yang tidak berisiko
- Melakukan like, share, comment pada FB, IG, Twitter yang difollow NLR Indonesia
- Membuat konten menarik seperti flyer, poster, clip singkat dan audio visual
- Berkoordinasi dengan staf proyek untuk mencari ide-ide konten FB, YT, IG, Twitter
- Mengupdate Website dan mereview konten Website, sejauh dibutuhkan
- Memfasilitasi sesi IG live secara berkala, dengan melibatkan staf proyek dan pihak terkait.
- Menyusun dan mengelola dokumen-dokumen media/komunikasi dengan platform yang mudah diakses.
- Memberikan laporan tertulis dan catatan tentang pekerjaannya secara berkala.
- Pendaftaran
Jika Anda memenuhi beberapa syarat peserta di atas, silahkan mendaftarkan diri dengan mengirimkan dokumen yang disyaratkan ke recruitment@nlrindonesia.or.id, dengan subyek: “Pemagang”. Batas waktu pengiriman adalah 8 Maret 2025. Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.
Dokumen persyaratan sebagai berikut:
- Surat ketertarikan dan kesediaan untuk mengikuti kegiatan pemagangan
- Daftar riwayat hidup
- Foto kopi KTP
- Surat rekomendasi dari kampus/organisasi
- Linimasa
Rencana waktu pemagangan dalam tabel di bawah ini:
Kegiatan | Batas Waktu |
Pengumuman, Pendaftaran dan seleksi | Minggu I Maret |
Pengumuman seleksi | Minggu II Maret |
Pelaksanaan kegiatan | Minggu III Maret – Agustus 2025 |
Penyusunan laporan pemagang | Setiap 2 bulan |




0 Comments:
Posting Komentar